fhoto ag

fhoto ag

??????

Jumat, 05 Februari 2010

Sejarah Kota Lahat





selayang pandang sekitar kabupaten lahat

sekitar tahun 1830 pada masa kesultanan palembang dikabupaten lahat telah ada marga. marga- marga ini dibentuk dari sungai- sungai dan suku- suku yang ada pada waktu itu. seperti : didaerah lematang, kikim, pasemah, lintang, gumay, tebing tinggi, marga inilah merupakan cikal bakal adanya pemerintahan dikabupaten lahat.

pada masa bangsa inggris berkuasa di indonesia, marga tetap ada dan pada masa penjajahan belanda sesuai dengan kepentingan belanda di indonesia pada waktu itu pemerintahan kabupaten lahat dibagi dalam afdelling (keresidenan) dan onder afdelling (kewendanan). dari 7 (tujuh) afdelling ada disumatera selatan, dikabupaten lahat terdapat 2 (dua) afdelling yaitu afdelling tebing tinggidengan 5 (lima) onder afdelling dan afdelling lematang ulu. lematang hilir, kikim serta pasemah dengan 4 onder afdelling. dengan kata lain pada waktu itu dikabupaten lahat terdapat 2 keresidenan. pada tanggal 20 mei 1869 afdelling lematang ulu. lematang ilir serta pasemah beribu kota dilahat yang dipimpin oleh pp.ducloux dan posisi marga pada saat itu sebagai bagian dari dengan kabupaten lahat sesuai dengan keputusan gubernur kepala daerah tk 1 sumatera selatan nomor :008/sk/1998 tanggal 6 januari 1998.
masuknya tentara jepang pada tahun 1942, afdelling yang dibentuk oleh pemerintah belanda dirubah menjadi sidokan dengan pemimpin orang pribumi yang ditunjuk oleh pemerintah militer jepang dengan nanik goncu dan fuku goncu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

lamunan

lamunan

kegiatan di fircom

kegiatan di fircom
di Pusat pendidkan fircom lahat

cinta sejati